Wednesday, July 16, 2014

Hal Yang Paling Sulit

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai Cinta Yang Paling Sulit, nah sekarang saya akan berbagi mengenai hal yang paling sulit. Dalam hidup ini, sudah ribuan bahkan jutaan, bahkan milyaran hal sudah pernah kita lakukan. Dan masih ada milyaran hal lain yang menunggu untuk kita lakukan. Tapi, dari semua hal tersebut, hal apakah yang paling sulit ? Silahkan simak cerita singkat berikut ini.

Saya pernah dihadapkan pada suatu kondisi dimana saya diminta oleh atasan saya untuk bertanggung jawab dalam proses pindah kantor. Kantor saya akan pindah lokasi (anggap saja dari lokasi A ke lokasi B). Saya mulai berkeliling kantor dan pada saat itu juga saya mulai menyadari bahwa ada begitu banyak barang yang harus saya pindahkan. Bahkan beberapa barang tersebut adalah barang-barang berukuran besar. Bagi rekan-rekan yang pernah pindahan pasti merasakan betapa sulitnya memindahkan barang-barang berukuran besar.

Saya mulai panik, saya mulai berpikir bagaimana saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini. Siapa yang bisa membantu saya ? Saya harus menyewa mobil pengangkut barang dimana ? Saya harus mulai memindahkan barang yang mana ? Kapan saya harus mulai pindahan ? Banyak sekali barang-barang ini, apakah bisa dipindahkan semua ? dan segala macam pikiran-pikiran lain berkecamuk didalam diri saya. 

Hari demi hari menjelang pindahan saya lewati dengan beban pikiran yang terus bertambah dan bertambah. Saya semakin tertekan. Hari H pindahan pun tiba. Semua persiapan sudah saya lakukan sebelumnya, hari ini tinggal eksekusi saja. Proses pengangkutan barang, penyusunan barang, skip skip skip. Pada akhirnya semua berhasil dilakukan dan semuanya sudah selesai. Saya lega semuanya sudah selesai tanpa ada masalah. 

Mendadak saya berpikir, mengapa semuanya jadi mudah ? Kemanakah hal-hal yang saya cemaskan kemarin ?

Cerita diatas menggambarkan bahwa hal yang paling sulit dalam menghadapi suatu pekerjaan atau situasi atau kondisi adalah saat kita memikirkannya. Saat kita terlalu memikirkan hal tersebut, semuanya akan menjadi serba sulit. Semuanya akan terlihat sangat berat. Semuanya akan terkesan mustahil. Tetapi ketika kita mulai mengerjakannya, semuanya pasti akan dapat dilewati. Semuanya pasti ada jalan keluarnya.

Kebanyakan orang terlalu banyak berpikir ketika menghadapi suatu masalah. Hal tersebut menyebabkan masalah yang dihadapi tak kunjung selesai, karena memang tidak ada langkah apapun yang diambil. Berpikir tidak akan menyelesaikan masalah jika kita tidak pernah mengambil langkah. Yang terpenting adalah merealisasikan pemikiran kita, bukan hanya memikirkannya. Jadi jangan terlalu lama dalam berpikir, segera ambil langkah.

No comments:

Post a Comment